Kenalan Sama Google Sandbox Yang Ngeri-ngeri Sedap

izane.eu.org

Apa Itu Google Sandbox?

Google sandbox adalah hal yang biasa dilakukan google untuk menghilangkan postingan blog atau website tertentu dari search engine. Hal ini sering disebut dengan nama penalty akibat tindakan yang dilakukan seseorang karena membuat spam backlink yang berlebihan dan hal lainnya yang mengakibatkan blog atau website terkena penalty.

Jadi jika loe ngetik dimesin pencari Google dengan format "Site:izane.eu.org" dan situs blog loe masih nongol di halaman mesin pencari google, itu artinya blog loe masih aman dan tidak terkena penalti Google Sandbox . 

Tapi jika blog atau website loe mengalami pergeseran peringkat, itu sih wajar. Itu bisa juga diakibatkan oleh fluktuasi pembaruan mesin pencari google dan bukan efek Google SandBox yang membuat blog loe ngilang dari perdaran.


Penyebab Blog Masuk Sandbox

Biasanya dari hampir sebagian besar blog atau website yang masuk ke sandbox itu adalah yang membuat backlink berlebihan. Tapi tidak menutup kemungkinan disebabkan juga oleh hal lain.

Kalau loe punya blog moneysite, sebaiknya loe nyari backlink yang berkualitas dan jangan spam. Ini sih berdasarkan pengalaman gua ya, jadi salah satu blog gua tumbang itu terlalu gua optimasi backlinknya.

Hasilnya memang memuaskan, tapi dampaknya sebagian artikel penting yang udah page one pada ngilang semua. Penyebab blog masuk sandbox google juga bisa karena loe buat auto visitor sendiri.

Emang dengan banyak visitor, blog loe keliatan gaya. Tapi kalau ujungnya loe kesedot juga sama sandbox gak lucu juga kan.


Cara Keluar Dari Sandbox Google?

Ada beberapa cara yang bisa loe lakukan jika blog loe masuk ke sandbox. Baca di Bawah nih!

1. Rewiret Artikel Lama

Jadi nih ya, menurut salah satu artikel yang gua baca. jadi penyelamatan pertama kalau blog loe masuk ke sandbox adalah dengan menulis ulang atau memperbarui konten yang ada dalam artikel loe.

Jika artikel yang loe buat saat itu ternyata masih dikit banget materinya, maka loe bisa perbarui artikel itu dengan nambahin informasi yang lebih lengkap. Makin kaya informasi artikel yang loe rewrite maka google juga makin suka, dan makin google suka sama blog loe maka dia akan mengeluarkan blog loe kembali ke pencarian google.


2. Submit Ulang URL Artikel 

Salah satu cara yang juga gua temukan untuk menyelamatkan blog yang sudah masuk ke sandbox adalah dengan melakukan submit ulang URL artikel. Kalau ini sih udah gak perlu gua buatin tutorialnyam karena gua yakin loe udah pada bisa.


3. Belajar Link Building

Kalau alasan blog loe masuk sandbox adalah dipinalty google karena loe terindikasi melakukan spam backlink. Maka sebaiknya loe belajar cara melakukan optimasi backlink dengan benar.

Loe bisa nyari tutorial bikin tir backlink yang bener, jangan asal tempel sana tempel sini. Heh, perlu loe tau kalau backlink dari komen di blog edu itu powernya udah gak terlalu bagus buat blog loe.

Jangan sampe backlink yang loe tanem malah mengenggelamkan blog loe karena terindikasi spam. Sebaiknya loe cari backlink berkualitas yang baik untuk sedikit-sedikit ngangkat blog loe secara natural.

Saat loe masuk sandbox, sebaiknya loe kurangin deh masukin backlink gak berkualitas. Kalau backlink yang loe dapet berkualitas karena dateng dari situs yang punya authority tinggi, nah itu baru bisa dipasang.

Baca: Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Gimana, ngerti kagak?

Emang Susah sih keluar dari sandbox. Minimal mungkin perlu waktu 6 bulan atau 1 tahun. Tapi itu tergantung juga sama blog atau berat penaltynya, karena ada juga katanya yang baru 6 hari udah bisa lepas dari sandbox.


Selamat berjuang buat loe yang blog pentingnya masuk sandboc google.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel